Mandiri itu Penting

shvoong.com

Mandiri itu Penting
Seandainya anak kecil yang masih menyusui sampai umur dua tahun dan sang ibupun tidak menyapihnya maka kemungkinan besar anak tersebut akan
menyusu sampai usia remaja,hal tersebut tidak mustahil bisaterjadi. Dari sini perlu peranan seorang ibu untuk menyapih anaknya kemudian mengajarkanya kepada hal baruyang lebih menambah sikap kemandirian sianak, misalnya membuat susu sendiri,mengambil makan sendiri dan makan sendiri hal tersebut perlu dicontohkan dan diajarkan oleh orang tua,agar sianak dalam perkembanganyabisa menentukan sikap dan bisa mandiri.
Berikut pandangan seberapa penting sikap mandiri itu:
Pertama, Perlu latihan agar supaya tidak bergantung dalam segala sesuatu terhadap orang lain.setidaknya bisa berusaha sendiri dengan batas-batas kemampuan diri sendiri,bila sampai titik tertentu menemukan kesulitan bisa bertanya pada yang lebih tahu,atau lebih mengerti.
Kedua, Sikap mandiri dalam kehidupan pribadi seseorang akan dengan sendirinya menimbulkan rasa percaya diri. Alangkah rendah dirinya seseorang bila tidak percaya diri,sehingga tidak bisa meyakinkan orang lain bahkan dirinya sendiri atas segala kemampuan yang dimiliki. Hal ini sangat berbahaya,kecuali menyebabkan perasaan seseorang lebih rendah dari orang lain yang akibatnya menutup dirinya sendiri dari pengembangan diri,juga menyulitkan diri sendiri untuk maju kearah lebih baik.
Ketiga, Sikap mental meminta sedini mungkin dihindari,tanamkan pada diri sendiri bahwa semua orang diberi kaemapuan lebih.Semua orang diberi cirikhas masing-masing,jadi bersyukurlah dengan cirikhas Anda,tentunya yang baik. Mentalitas meminta kecualimerendahkan diri sendiri juga mengakibatkan diri sulit berkembang. Sedikit-sedikit minta,sedikit-sedikit tolong,maka kemungkinan besar Anda akan biasa bergantung pada orang lain sehingga saat orang lain tidak ada maka Anda tidak bisa berbuat apa-apa.
Berusahalah dengan kemampuan maksimal yang Anda miliki,percayalah setiap kesulitan ada jalan dan setiap lorong gelap pasti ada ujung dan cahaya terang. Jadi jangan biarkan diri Anda terendam dalam kefanaan hati tanpa usaha,tanpa tujuan,tanpa motivasi.
Keempat, Sikap malu dan rendah diri menghambat kemandirian seseorang. Bila Anda mempunyai sikap pemalu Anda bisa mengatasinya dengan
banyak bergaul dengan orang disekitar Anda, Percayalah pada diri Anda,Bahwa Anda itu sangat istimewa dan Anda sangat bisa untuk berkembang.
Ingat bahwa dengan orang lain pun punya kelebihan dan kekurangan, So mengapa harus minder dengan diri sendiri.
Kelima, Jika Anda punya keinginan,kemudian Anda berusaha untuk mewujudkan keinginan Anda bagaimanapun caranya dan sesuai cirikhas Anda.Maka dalam diri Anda sebetulnya sudah tertanam sikap mandiri. Tinggal melangkah sesuai hati nurani Anda, tanpa perlu malu dan ragu-ragu.Setiap orang akan mempunyai penilaian sendiri-sendiri sesuai sudut pandang orang tersebut,So jangan samakan orang lain dengan diri Anda,Anda istimewa Anda mampu,Anda percaya diri dan berani mengambil keputusan tentunya konsekwen dengan resiko sendiri itu berarti Anda sudah mandiri.
Keenam,Mandiri sejak kecil akan sangat-sangat bermanfaat takala sudah usia dewasa. Disaat Anda harus membawa diri Anda sendiri tanpa unsure pengaruh dan bujukan orang lain, tanpa meninggalkan hati nurani dan prinsip hidup yang sudah tertanam pada diri ANda sejak kecil,maka tidak perlu lagi sikap ragu-ragu dalam berfikir,bertindak dan mewujudkan keinginan dan cita-cita hidup Anda.
Ketujuh,Sikap Mandiri,berarti Anda berusaha mennggali kemampuan diri Anda sendiri,kemana arah dan tujuanya akan dengan sendirinya mengikuti alur hati nurani Anda. Bila Anda bisa mandiri maka Anda tidak perlu menunduk saat berhadapan dengan orang lain. Namun sebaliknya bila Anda tidak ada sedikitpun prinsip hidup mandiri dan sikap mandiri dalam diri Anda maka orang lain pun tidak akan menghargai Anda,Tentunya itu tidak Anda inginkan bukan…? Nah semoga tips-tips diatas bisa membangkitkan semangat diri Anda untuk bangkit meraih cahaya matahari di depan rumah Anda sendiri!

Perihal aidafitri85
it's me dengan sejuta harapan dan cita-cita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: