Tokoh-tokoh Geografi

Dalam ilmu geografi, terdapat berbagai konsep yang sangat penting dan ada berhubungan erat dengan kehidupan kita. Banyak tokoh yang mengemukakan konsep-konsep geografi.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tokoh dengan konsep-konsepnya terhadap geografi. Tokoh-tokoh tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bernhard Varen (1622-1650)

Bernhard Varen atau yang lebih dikenal Varenius adalah geograf asal jerman. Anehnya dia adalah lulusan Ilmu Kedokteran Leiden, Belanda. Dalam bukunya yang berjudul “Geographia Generalis” dia membagi geografi menjadi dua, yaitu :
a. Geografi Umum
Bagian ini membahas masalah karakteristik bumi secara umum, tidak tergantung keadaan sautu daerah. Menurutnya geografi umum dibagi atas 3 bagian, yaitu :

  • Terestrial yaitu pengetahuan bumi secara keseluruhan, bentuk dan ukurannya.
  • Astronomis yaitu membicarakan hubungan bumi dengan bintang bintang yang merupakan awal dari ilmu kosmografi.
  • Komparatif yaitu menyajikan diskripsi lengkap mengenai bumi, letak dan tempat-tempat di permukaan bumi.

b. Geografi Khusus
Bagian ini mendiskripsikan tentang wilayah tertentu menyangkut wilayah luas maupun wilayah sempit. BAgian ini terdiri dari 3 aspek, yaitu :

  • Atmosferis, yang secara khusus membicarakan iklim.
  • Litosferis, yang secara khusus menlaah permukaan bumi meliputi relief, vegetasi dan fauna dari berbagai nergara.
  • Manusia, yang secara khusus membicarakan kepadatan penduduk, perniagaan, dan pemerintahan dari berbagai negara.

2. Immanuel Kant (1724-1821)

Selain sebagai geograf, dia juga seorang filusuf. Menurutnya dia tertarik dengan geografi karena itu dekat dengan filsafat. Semua gagasan Kant tentang hakikat geografi ditulisnya dalam buku yang berjudul “Physische Geographie“. Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan bumi.

3. Alexander Von Humbolt (1769-1859)

Awalnya Humbolt adalah seirang ahli botani. Dia tertarik dengan geografi saat dia mempelajari batuan. Ia diakuai sebagai peletak dasar geografi fisis modern. Ia menjelaskan kaitan bumi dengan matahari dan perilaku bumi dalam ruang angkasa, gejala cuaca dan iklim dunia, tipe-tipe permukaan bumi dan proses terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer.

4. Karl Ritter (1779-1859)

Seperti halnya Humbolt, Ritter juga diakui sebagai peletak dasar geografi fisis modern. Dia mengatakan bahwa geografi merupakan suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi obyek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

5. Friederich Ratzel (1844-1904)

Ratzel adalah guru besar geografi si Leipzig. Dalam bukunya yang berjudul “politische Geographie” dia mengemukakan konsep geografi. Konsep itu diberi nama Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai keukatan yang dimilikinya.

Perihal aidafitri85
it's me dengan sejuta harapan dan cita-cita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: