Tips kuliah biar cepet “LULUS”

Masa – masa kuliah memang sangat di tunggu oleh kalangan anak – anak SMA yang baru LULUS, kebanyakan dari mereka sudah tidak sabar lagi untuk menginjakkan kakinya di “KAMPUS” pilihan mereka. tapi apakah dunia Mahasiswa sama dengan dunia Siswa ketika kita masih di Sekolah???

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menimba ilmu di Universitas/Sekolah Tinggi/Institut ataupun sejenisnya. Disana mereka di berikan kebebasan berekspresi dan berinovasi dalam menjalankan masa – masa kuliahnya. kebanyakan dari kita, menjadi mahasiswa adalah masa – masa kebebasan yang dimana semua kegiatan dan aktifitasnya, kitalah yang mengatur, tidak seperti ketika kita masih menduduki bangku sekolah. Namun, ingat, walaupun kita sudah diberikan kebebasan, kita jangan sampe kebablasan dalam menikmati kebebasan tersebut, supaya tujuan kita kuliah tidak terbengkalai dengan aktifitas- aktifitas yang tidak berguna.

nah,, disini pembahasannya lebih ke tips agar kuliah kita cepet lulus dan bisa cepet mengaplikasikannya dalam kehidupan.

1. Pilihlah Universitas/Sekolah Tinggi/Institut yang sesuai dengan keinginan kita.
maksudnya, pilih tempat kuliah yang memang benar – benar kita idamkan (note: sesuaikan dengan kemampuan ya.. :) ) sudah kita perhitungkan baik / buruknya jika kita masuk ke dalam Kampus tersebut.
*jangan cuma bisa masuk, tapi gak bisa keluar. (LULUS)

2. Pilih Jurusan apa yang kita sukai
maksudnya, Jurusan adalah tempat dimana kita bisa mengembangkan bakat yang kita punya, sesuai dengan yang kita bisa. jangan sampe salah jurusan. :)

3. Pinter – Pinter cari teman
disini maksudnya bukan untuk membeda – bedakan teman, tapi, carilah teman yang memang kira – kira bisa membuat kita lebih termotivasi dalam menyelesaikan kuliah dan bisa diajak sharing / berbagi ilmu. (mungkin agak susah kalo masih awal – awal masuk kuliah, karna belum terlalu mengenal sesama mahasiswa, maupun mengetahui kemampuan teman – teman kita) tapi lama – kelamaan pasti kita bisa cari tau dan mengenal orang – orang tersebut. pinter – pinter juga cari link (jaringan) supaya ilmu yang didapat gak cuma dari kampus aja, dari luar juga dapet.

4. “Hindari” Pacaran
disini bukannya ngelarang untuk pacaran, tapi, hasil pengamatan saya di lapangan, kebanyakan mahasiswa yang pacaran itu waktu belajarnya berkurang, karna harus memberikan perhatiannya kepada sang kekasih, ya walaupun ada juga yang bisa ngatur waktu dalam masalah ini.

*Banyak yang berpacaran, tapi kebablasan, akhirnya, ujung – ujungnya si cewek hamil dan akhirnya gak bisa menyelesaikan kuliahnya.
*Tapi ada juga yang berpacaran dengan tujuan untuk menambahkan motivasi dalam belajar, mereka bisa mengatur waktu sesuai dengan kebutuhan mereka. (kalo yang bener – bener serius biasanya bisa awet juga sih, ampe nikah. :D )
**untuk yang gak mau ambil resiko, mendingan Fokus kuliah aja dulu, gak usah pacaran.

5. Gak banyak Mengeluh
kalo untuk yang semester baru atau baru masuk kuliah, mungkin belum merasakan masa – masa bosan / tidak menyenangkan dalam menjalani kuliah. tapi, untuk mahasiswa yang sudah semester 2 ke atas, biasanya merekalah yang sering mengalami kebosanan ataupun sering mengeluh dalam menjalani kuliah tersebut. masa – masa semester pertengahan adalah masa – masa sibuknya mahasiswa, karena selalu banyak tugas – tugas yang diberikan oleh dosen pengampu yang gak ada habis – habisnya. disinilah tenaga ekstra kita harus keluar, DILARANG untuk selalu mengeluh dan merasa jenuh, karena itu bukan cara untuk menyelesaikan masalah. Tetap Semangat dalam menjalaninya, anggap saja tugas – tugas tersebut adalah Ilmu yang diberikan secara tidak langsung oleh dosen, karena dalam pengerjaannya kita pasti mencari banyak referensi untuk menyelesaikannya. hal inilah yang sangat bermanfaat,karna kita bisa menggali ilmu kita lebih dalam lagi.

6. Selalu meminta doa restu dari kedua Orang Tua
Doa orang tua juga berperan bagi kita dalam menjalani masa – masa kuliah, karena berkat doa merekalah kita bisa mengerjakan ataupun menjalani semua ini dalam keadaan yang dilapangkan.
*Ingatlah selalu kedua orang tua kita ketika kita hendak masuk ke jalan yang tidak benar
*Berbuatlah semampu kita untuk membanggakan kedua orang tua kita.

7. Ingat “SANG PENCIPTA”
kita terlahir di dunia ini berkat dari izin sang pencipta, jadi dimanapun kita berada kita harus selalu ingat kepada-Nya.
dengan ridho dari-Nya lah kita bisa menjalankan sesuatu yang dianggap sesuai dengan kemampuan kita.

mungkin, tips diatas gak lengkap – lengak banget sih, yang saya tuangkan disini hanyalah pengalaman ataupun hasil pengamatan saya. intinya, dalam menjalani masa – masa perkuliahan, kita sebaiknya bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, dan bisa mengoptimalkan kemampuan yang kita miliki dengan baik agar hasil yang kita dapat juga bisa memuaskan dan dapat membuat bangga orang tua kita.

Perihal aidafitri85
it's me dengan sejuta harapan dan cita-cita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: