Stress…..g’ lagi dech..

aktivitas….bikin capek!!!!! malah kadang bikin bosan dan ujung-ujungnya bikin stresss……………….

Biar stres nya g’ berlarut, baca aja ini..

Yuuuuuk!!!!!!!!!!!!!!

Perkembangan zaman dimana menuntut kita lebih sering menghadapi kompetisi terutama dalam bidang pekerjaan membuat banyak orang menjadi stress. Oleh karena itu tidak heran banyak orang dewasa ini berlomba-lomba untuk menemukan dan mencoba pengobatan terbaik agar terhindar dari penyakit stress.

Tekanan dan rasa kekuwatiran yang berlebihan dikarenakan diburu-buru oleh suatu hal adalah salah satu faktor penyebab utama timbulnya stress. Atau dapat dikatakan semakin besar tekanan yang diterima oleh tubuh terutama otak, maka akan semakin besar untuk memperparah timbulnya penyakit stress. Oleh karena itu tidak heran-yah banyak ahli kesehatan jiwa merekomendasikan untuk sebisa mungkin mencari pekerjaan yang rendah stress. Hmm… Jadi ingat dulu waktu cari kerja sering menemukan jenis bidang pekerjaan yang mensyaratkan untuk siap bekerja di bawah tekanan, bakal stress berat tuh! He4x.

Tingkatan stress yang dialami manusia erat kaitannya dengan pola aktivitas yang dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Maka tidak heran banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki jadwal yang teratur dalam melakukan aktivitas keseharian cenderung lebih kecil kemungkinannya terserang stress. Dengan melakukan aktivitas yang terencana dan ter-jadwal maka kita dapat mengantispasi dan menghindari keadaan atau kondisi yang dapat menimbulkan tekanan.

Salah satu jenis pola aktivitas keseharian yang memiliki peran penting sebagai salah satu benteng pertahanan terbaik untuk menghindari stress adalah dengan melakukan pola tidur yang baik dan teratur. Pola tidur yang baik dalam hal ini adalah dengan cara tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, jangan malah sebaliknya-yah! Bisa berabeh tuh!

Tapi memang bagi sebagian orang untuk dapat tidur lebih awal dan bangun lebih pagi bukanlah pola habit yang mudah untuk dilakukan, karena kita harus berhadapan dengan kebiasaan pola tidur lama yang tidak sehat. Baik dech, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat kita coba untuk dapat tidur lebih awal 30 menit dan bangun lebih awal di pagi hari untuk menghindari stress:

  1. Usahkan untuk meluangkan waktu untuk melakukan olah raga ringan setiap hari seperti bejalan kaki minimal 30 menit. Jika kita super sibuk tapi kantor deket dengan tempat tinggal kenapa tidak dicoba untuk berjalan kaki ke kantor.
  2. Usahakan untuk tidak mengkonsumi kopi atau jenis asupan minuman berkafein lainnya setelah jam 7 malam.
  3. Hindari untuk melakukan pekerjaan yang berat terutama yang memeras otak untuk berpikir, minimal satu jam sebelum waktu tidur yang telah kita tentukan.
  4. Jika kita tidak bisa tidur dengan cahaya yang gelap atau tanpa penerangan (biasanya cewek nih…) maka sebaiknya memasang lampu yang tidak terlalu terang atau redup ketika akan tidur.

Hmm… Kalau tips diatas belum manjur juga yang mungkin disebabkan oleh suatu hal seperti masalah dan lain-lain coba dech tips berikut:

  1. Minum air hangat, seperti susu hangat agar tubuh lebih siap menjalani tidur. Hal ini pasti juga bagus buat kesehatan bukan! Tapi ingat minum susu hangat secukupnya yah (Jangan kebanyakan ntar ndut loeh, kalo dah ndut ntar harus diet dech…!!!)
  2. Pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengatur nafas dengan baik, dalam hal ini aturlah nafas kita agar lebih dalam dan lakukan secara perlahan. Hal ini akan membuat pikiran kita merasa lebih rileks.
  3. Jika masalah-masalah tersebut masih muncul di pikiran kita, maka sebaiknya tuliskan point penting tentang masalah itu dan sebisa mungkin tuliskan tindakan dan langkah yang akan kita lakukan ke-esokan harinya untuk berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Dengan cara ini maka dapat membuat sedikit kita berpikir lebih tenang sejenak, setidaknya untuk saat-saat kita hendak akan tidur.
  4. Agar dapat membuat tubuh lebih rileks, mungkin kita dapat mengoleskan body lotion kesukaan kita (terutama buat cewek nih).
  5. Setelah itu usahakan untuk memperolehh posisi tidur dengan benar dan terbaik menurut kita, usahakan agar dapat melakukan peregangan seluruh tubuh.
  6. Menguaplah jika terasa ingin menguap jangan malah ditahan. Dan selamat tidur dech…. zzzzzzzz

 

Sumber:     http://marikemari.com/menghindari-stress-perhatikan-pola-tidur/

 

Perihal aidafitri85
it's me dengan sejuta harapan dan cita-cita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: